Pages

Perumusan Tujuan dalam Sistem Pengajaran (Instruksional) 

Jumat, 16 Januari 2015
Perumusan Tujuan dalam Sistem Pengajaran (Instruksional) 
A.    Pendekatan sistem pengajaran.
Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran. Sistem dapat diartikan sebagai seperangkat komponen atau unsur-unsur yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Pengajaran adalah dirunuskan tujuan yang diarahkan untuk mencapainya. Jadi, pendekatan sistem pengajaran merupakan suatu perangkat, alat atau tekhnik yang berbentuk kemampuan ( abilitas ) dalam merumuskan tujuan-tujuan secara operasional, mengembangkan deskripsi tugas-tugas secara lengkap dan akurat, dan melaksanakan analisis tugas-tugas. 
B.     Konsep sistem pengajaran.
Sistem pengajaran adalah suatu kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem pengajaran senantiasa ditandai oleh organisasi dan interaksi antar komponen untuk mendidik siswa. 
C.     Ciri – Ciri Sistem Pengajaran
Pada hakikatnya proses belajar mengajar merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berinteraksi dan kerja sama secara terpadu dan harmonis dalam mencari tujuan belajar mengajar. Agar seluruh komponen dalam sistem belajar mengajar tersebut dapat berdaya guna secara efektif, maka guru sebagai seseorang yang bertugas sebagai pengelola belajar mengajar hendaknya mampu merencanakan, mengembangkan dan mengevaluasi terhadap seluruh komponen dalam sistem belajar mengajar atau guru harus mampu melakukan usaha pengembangan sistem instruksional.

Tidak ada komentar: