Pages

Ciri- ciri seorang Guru Profesional

Jumat, 16 Januari 2015
1.      Ciri- ciri seorang guru yang “ profesional “ 
A.    Menguasai bahan / materi Konkritnya, ciri-ciri seorang guru yang menguasai bahan / materi adalah ketika dia sedang menyampaikan materi, guru tidak terpaku pada buku atau diktatnya. Guru lebih bisa menjelaskan dan tidak kaku serta jika ada siswa-siswi yang bertanya guru dapat menjawab pertanyaan dengan baik, sehingga siswa lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru. 
B.     Mengelola program pembelajaran. Guru yang profesional harus mampu mengelola program belajar mengajar. Misalnya guru merumuskan tujuan pembelajaran, guru mengenal kemampuan peserta didik, guru merencanakan dan melaksanakan program remedial, serta senantiasa berpedoman pada RPP dan silabus. 
C.     Mengelola kelas dengan pengalaman belajar. Guru yang profesional harus bisa melihat situasi dan kondisi dalam proses pembelajaran agar pembelajaran berlangsung dengan aman dan nyaman. Dalam hal ini guru harus melihat bagaimana pengalaman belajarnya dulu. Misalnya, bagaimana mengatasi siswa yang nakal, suka ribut, dan malas, guru profesional harus bisa menempatkan posisi yang tepat bagi siswa seperti itu. Misalnya duduk dibagian depan. 
D.    Menggunakan media / sumber belajar. Seorang guru yang profesional mengenal, memilih, dan menggunakan media atau sumber belajar yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi siswa. Misalnya, dalam penyampaiaan materi guru menggunakan media belajar infocus, diktat atau buku-buku dari sumber yang berbeda. Intinya, guru yang profesional harus bisa menggunakan media tersebut dengan tepat. 
E.     Menguasai landasan pendidikan. Sebagai seorang guru yang profesional, hendaknya selalu berpedoman pada landasan pendidikan. Sebagaimana pendidikan nasional dirumuskan sebagai usaha sadar untuk membangun manusia indonesia seutuhnya. Oleh sebab itu, guru hendaknya selalu berpedoman pada landasan pendidikan, pancasila, serta UUD 1945 agar proses belajar mengajar berlangsung dengan baik. 

Tidak ada komentar: