Pages

Usaha Pengenalan dalam Sistem Pengajaran di Sekolah

Jumat, 16 Januari 2015
1.      Guru atau calon guru perlu memperoleh informasi yang relevan tentang komponen sistem pengajaran di sekolah melalui usaha pengenalan, yakni :

A.  Melakukan observasi langsung ke sekolah Artinya, untuk memperoleh suatu informasi yang relevan tentang komponen sistem pengajaran di sekolah seorang guru atau calon guru melakukan suatu kegiatan pengamatan langsung ke sekolah agar informasi yang di peroleh lebih jelas dan dapat mengetahui secara langsung komponen sistem pengajaran di sekolah yang di amati ( observasi ).
B.     Melakukan studi pengkajian terhadap tiap komponen sistem pengajaran. Artinya, seorang guru atau calon guru harus mengadakan penelitian tentang komponen sistem pengajaran misalnya pengkajian tentang ciri-ciri siswa, pengkajian tentang ciri-ciri guru profesional maupun pengkajian tentang kurikulum sekolah. Jadi, dalam hal ini pengkajian di artikan sebagai suatu proses penelitian maupun percobaan yang dilakukan untuk memperoleh informasi yang relevan tentang komponen sistem pengajaran di sekolah. 
C.  Pendalaman, penguatan, dan perluasan dengan mempelajari teori yang relevan. Artinya, guru atau calon guru harus benar-benar mendalami, mencari kebenaran ( penguatan ) serta memperluas pengetahuannya dengan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan sistem pengajaran di sekolah, agar informasi yang diperoleh bersifat relevan dengan komponen sistem pengajaran di sekolah. Guru atau calon guru harus benar-benar memahami dan mempelajari teori-teori yang relevan dengan komponen sistem pengajaran.

Tidak ada komentar: